Desain Klasik memiliki makna dan nilai keabadian serta mutu atau kualitas desain hingga kontruksi yang tinggi. Desain Klasik juga merupakan gambaran perjalanan sejarah desain arsitektur di wilayah Eropa yang merujuk  pada karya-karya arsitektur yang memiliki nilai tinggi pada saat itu, karena karya-karya tersebut  memperlihatkan pedoman yang ketat sertalandasan berpikir dengan penuh pertimbangan dalam membangun karya tersebut. Rentang waktu zaman ini dimulai dari  abad ke 1 hingga abad ke 14

Berikut adalah ciri-ciri arsitektur klasik secara umum:

  • Terdapat atau memiliki banyak ornamen unik dan rumit di hampir setiap sudut bangunan
  • Elemen utama dari bangunannya menggunakan kolom dan balok (entablature)
  • Bangunan biasanya memiliki ukuran besar serta megah dan  waktu pengerjaan yang cukup panjang.
  • Efek kemegahan dan dan keindahan bangunan diciptakan dari pemanfaatan efek distorsi.
  • Penggunaan bahan-bahan utama yang langsung diambil dari alam
  • Setiap bangunan adalah bagian integral dari keseluruhan struktur bangunan yang ada sehingga mudah direkonstruksi di kemudian hari.
  • Bentuk simetris
  • Bentuk atap kubah
  • Sebenarnya desain klasik terbagi beberapa era yang di setiap era nya memiliki ciri khasnya masing-masing begitu juga desain klasik ini berbeda-beda di setiap negaranya dan memiliki ciri khas nya masing-masing. Setelah zaman yunani terdapat zaman romawi dan pada era romawi ini terdapat beberapa aliran yaitu era Gothic sekitar abad pertengahan, dengan karakter bangunan yang menggunakan batu bata serta ciri – cirinya yang lancip membentuk arah panah.Di era ini juga muncul lukisan dalam bentuk fresco dan panel pada interior. Selanjutnya di Zaman pembaharuan atau Renaissance sangat mempengaruhi tatanan kultur di benua Eropa yang dimulai dari kebangkitan agama Kristiani yang sempat terpecah.Pada zaman ini juga dikenal pergerakan Baroque yang ditandai dengan perkembangan seni yang lebih dinamis mengikuti ekspresi emosi.Era selanjutnya adalah Rococo, di era ini karya seni dan arsitektur semakin berwarna, penuh dengan hiasan yang terkesan playful.Selain berdasarkan zaman, membedakan ragam aliran klasik juga dapat dilihat dari asal Negara, beberapa Negara tersebut yaitu :

    Rumah Klasik Gaya India

    Rumah Klasik Gaya Amerika

    Rumah Klasik Gaya Amerika Kolonial

    Rumah Klasik Megah Gaya Perancis

    Rumah Klasik Maroko

    Rumah Klasik Gaya Jepang

    Rumah Klasik Gaya Rusia

    Rumah Klasik Spanyol Gaya Mediterania

    Rumah Klasik Gaya China

    Rumah Klasik Italia

    Rumah Klasik Gaya Jerman

    untuk lebih jelasnya tentang desain klasik dari beberapa asal negara anda dapat membacanya DISINI